Apakah hidup itu adil?

Tak jarang pertanyaan itu muncul pada orang-orang yang sedang putus asa. Yah.. mereka adalah orang-orang yang tidak pernah menerima keadaan. Dunia bukan tidak adil, kamu lah yang tidak pantas menerima hal yang kamu rasa tidak kamu dapat. Percaya atau tidak, terserah saja.

Saya sendiri sangat sering menanyakan hal yang sama di saat-saat sendu #apaan. Seperti mengapa bukan saya yang juara 1 pada lomba makan kerupuk itu, padahal saya sangat banyak makan selama ini. Seolah-olah parameter kita adalah parameter yang paling benar dalam menentukan siapa yang menang. Saya sangat banyak makan maka saya yang ‘harus’ menang dalam lomba makan kerupuk tersebut. Kebanyakan orang sering membawa-bawa apa yang telah mereka persiapkan ketika ingin mendapatkan sesuatu (?). Contohnya: “Gw uda bener2 capek belajar slama ini sampe2 mngikuti 3 les tambahan tiap harinya, minum susu tiap pagi dan selalu beribadah tiap menit dalam keseharianku. Kok bisa sih gw ga ketrima di ptn itu. Uda pasti tuh anak2 yg ketrima pake uang smua. Dunia gaadil!” Okee..itu tidak 100% ada hubungannya. Antara usaha dan hasil yang kita peroleh. Ketika kita melakukan usaha yang menurut kita sangat-sangat besar tetapi tidak mendapatkan hasil yang sesuai harapan berarti usahamu kurang. Dunia bukannya tidak adil, tapi manusia yang sering cepat menyerah, pasrah pada keadaan dan menuduh dunia tidak adil. Ketika pepatah mengatakan ‘hasil tidak mengkhianati usaha’ (gatau apa bener apa salah -_-) berarti langkah yang seharusnya dilakukan adalah terus berusaha. Hasil yang kita impikan tidak akan datang begitu saja di hadapan kita. Hasil akan selalu menunggu usaha kita.

Terus semangatt!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s